DEFINISI KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
PEMANFAATAN KOMPUTER DI MASYARAKAT
Komputer merupakan salah satu penemuan produk teknologi, tetapi komputer lebih cepat berkembang dibandingan teknologi lainnya. Hal yang membedakan komputer jika dibandingkan dengan teknologi lainnya adalah :
• Kemampuan komputer untuk dapat diprogram, guna melaksanakan berbagai tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
• Kecepatan perkembangan teknologinya. Bermula dari komputer berukuran besar yang membutuhkan pembangkit panas, sampai saat ini komputer dengan ukuran kecil dan bisa dibawa kemana-mana.
Pada dasarnya komputer digunakan untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali berbagai jenis data untuk bermacam-macam kebutuhan.
Contoh bidang pekerjaan yang terpengaruh oleh komputer :
• Di Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Pengolahan data pada aplikasi teknik memanfaatkan kecepatan dan ketepatan komputer dalam menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sulit dan rumit. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bila dilakukan manusia dan membutuhkan biaya yang besar, sekarang dapat dilakukan secara simulasi pada komputer.
* Para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar komputer
* Membuat model molekul-molekul yang dapat ditampilkan secara
grafik pada komputer, untuk mengamati bagaimana molekul-molekul itu
saling bereaksi dengan lainnya.
* Dapat dipergunakan untuk mempelajari keadaan tanah serta contour dari
suatu daerah (GIS=Geografic Information System).
• Aplikasi dari CAD (Computer Aided Design)
digunakan untuk merancang bentuk-bentuk bidang teknik, seperti
rancangan mobil, gedung ataupun suatu ruang.
• Bidang Bisnis
Kegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Salah satu aplikasi bidang bisnis adalah MIS (Management Information System) atau SIM (Sistem Informasi Manajemen).
SIM merupakan suatu sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen. Salah satu bagian dari SIM adalah AIS (Accounting Information System) yaitu sistem akuntansi yang meyediakan informasi baik manajemen maupun pihak luar yang menggunakan komputer untuk mengolah data akuntansinya.
• Bidang Industri
Penerapan komputer di bidang industri memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan efektif.
Di dalam proses produksi komputer dipergunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (proses control).
* Pengawasan numerical berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi dari mesin-mesin yang dipergunakan, seperti misalnya mesin pres, mesin pemotong dan lain-lainnya. Contoh komputernya adalah IBM’s AUTOSPOT ( AUTOmatic Systemf for Positioning Tools)
* Pengawasan proses (process control) berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang sifatnya kontinyu. Komputer digunakan industri untuk mengatur secara otomatis variabel-variabel yang mempengaruhi proses produksi yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak seperti waktu pengolahan, berat bahan, temperatur, volume dan sebagainya. Aplikasinya digunakan untuk produksi baja, penyulingan minyak, semen, makanan, bahan-bahan kimia dan lain-lainnya.
KONSEP DASAR SISTEM KOMPUTER
SKEMA DASAR SISTEM KOMPUTER
Empat komponen pokok sistem komputer:
1. Pemroses
2. Memori Utama
3. Perangkat masukan dan keluaran
4. Interkoneksi antarkomponen
1. PEMROSES
Pemroses disebut CPU, berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan pengolahan data.
Pemroses melakukan kerja dengan langkah sbb:
1. Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama
2. Men-dekode instruksi menjadi proses-proses sederhana
3. Melaksanakan proses-proses tersebut
Operasi-operasi pada pemroses dikategorikan menjadi:
1. Operasi aritmetika
Penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dsb
2. Operasi logika
OR, AND, X-OR, inversi dsb
3. Operasi pengendalian
Operasi percabangan, lompat dsb
Pemroses terdiri dari tiga komponen, yaitu:
1. CU (Control Unit)
Berfungsi mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer
2. ALU (Aritmetic Logic Unit)
Berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika
3. Register
Merupakan memori yang sangat cepat yang berfungsi sebagai tempat operan-operan dari operasi yang akan dilakukan oleh pemroses.
Register:
• Lokasi memori yang sangat khusus terkonstruksi dari Flip-Flop
• Didesain u/ menampung data, data tsb. dapat diakses dan diakses dalam berbagai operasi dgn kecepatan tinggi.
o U/ prosessor 8088/8086, 80188/80186, 80286 à register 16 bit
o U/ prosessor 80386/80486/80586/Pentium à register 32 bit
o Optional u/ general purpose register à not independent 8 bit registers u/ High Order Byte dan Low Order Byte
• Jenis-Jenis Register:
o General-purpose registers (data registers):
– 16 bit : AX, BX, CX, DX
– 8 bit : AH, AL, BH, BL, CH, CL, DH, DL
o Segment registers : CS, DS, SS, ES
o Index register: SI, DI, IP
o Pointer register: IP, SP
o Flags registers: Overflow, Direction, Interrupt, Trap, Sign, Zero, Auxiliary Carry, Parity, Carry
– 16 bit, tetapi hanya 9 bit yang digunakan
o Register untuk alamat dan buffer
– MAR (Memory Address register)
– MBR (memory bufer register)
– I/O AR (I/O Address Register)
– I/O BR (I/O Buffer Register)
o Register untuk eksekusi instruksi
– PC (Program Counter)
– IR (Instruction Register)
2 . MEMORI
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Hirarki memori berdasarkan kecepatan akses, seperti tabel berikut ini:
Tercepat
Terlambat Register
Chace memory
Main memory
Disk memory
Magnetic Disk
Magnetic Tape Optical disk
3.PERANGKAT I/O
Perangkat masukan/keluaran digunakan sistem komputer untuk berinteraksi dengan lingkungan luar, baik ke pemakai ataupun lingkungan secara umum.
Perangkat masukan/keluaran terdiri dari dua bagian, yaitu:
1. Komponen mekanis, yaitu perangkat itu sendiri
2. Komponen elektronis, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.
4 . INTERKONEKSI ANTARKOMPONEN
Disebut BUS dan interkoneksi ini berkaitan dengan tatacara hubungan antarkomponen-komponen sistem komputer.
Bus terdiri dari tiga macam, yaitu:
1. Bus alamat (addres bus)
Untuk memberikan alamat dari memori atau port yang hendak diakses. Bus alamat berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih.
2. Bus data (data bus)
Untuk membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port. Bus data berisi 8,16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih.
3. Bus kendali (control bus)
Sinyal bus kendali antara lain:
• Memory Read
• Memory Write
• I/O read
• I/O Write
Sistem interkoneksi antarkomponen (Bus) yang populer antara lain: ISA, EISA, MCA, VESA, PCI dan AGP.
Referensi
Fathansyah. 2004. Buku Teks Komputer Basis Data. Bandung: Informatika
http://blogbintang.com/manfaat-teknologi-komputer
http://blogvrman.blogspot.com/2009/10/manfaat-komputer-dalam-kehidupan-sehari.html
Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI
Syamsuardi. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar